Tips Mencuci Tangan yang Baik dan Benar

Pemerintahan
Sosialisasi 6 langkah mencuci tangan dengan sabun/Instagram-anneratna82

PURWAKARTA, riksa.id

Bupati Purwakarta, Jawa Barat, Anne Ratna Mustika tak bosan mengingatkan warganya untuk selalu berpola hidup bersih dan sehat (PHBS). Menerapkan protokol kesehatan dalam berkegiatan, utamanya 3M (memakai masker, menjaga jarak dan menghindari keramaian, serta mencuci tangan dengan sabun).

Hampir semua orang, sudah paham bagaimana memakai masker yang baik dan benar. Mayoritas orang, juga sudah memahami bagaimana caranya untuk menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Tapi, belum semua orang paham dan bisa mencuci tangan dengan baik dan benar.
Pada momentum peringatan Hari Mencuci Tangan (HMT) atau Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) Sedunia Tahun 2020 yang jatuh pada 15 Oktober, Anne memanfaatkan media sosial Instagram untuk menyosialisasikan langkah-langkah mencuci tangan dengan sabun secara baik dan benar.
Dalam akun Instagram pribadi dengan 33,2 ribu followers, Bupati Anne mengajak seluruh masyarakat untuk menerapkan PHBS. Mencuci tangan pakai sabun sebagai salah satu upaya untuk pencegahan terhadap penyebaran penyakit di tengah pandemi Covid-19.
“Mari bersama-sama menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh kita dan tetap memakai masker, serta menjaga jarak agar kita terhindar dari penyebaran Covid-19,” tulis bupati yang merupakan mantan mojang Purwakarta ini, Kamis (15/10/2020).
Berikut 6 langkah mencuci tangan dengan sabun:
1. Gosok sabun pada telapak tangan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar;

2. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci;

3. Usap dan gosok kedua punggung tangan secara bergantian;

4. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian;

5. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok secara perlahan;

6. Gosok sela-sela jari tangan hingga bersih.(dez)

1 thought on “Tips Mencuci Tangan yang Baik dan Benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *